Review Line Bank : Kelebihan dan Kekurangan LINE Bank

Review Line Bank : Kelebihan dan Kekurangan Line Bank Pada kesempatan kali ini blog Cara Finance akan mereview salah satu layanan bank digital LINE Bank yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Daripada penasaran, yuk simak ulasanya berikut ini.

LINE Bank adalah bank digital yang rilis pada tahun 2021 berkat kerjasama antara PT. Bank KEB Hana Indonesia dan LINE Corporation. Dengan hadirnya LINE Bank semakin banyak opsi atau pilihan untuk membuka rekening jalur online yang cepat dan mudah dalam satu aplikasi.

Akhir bulan November 2021, saya mencoba daftar rekening di aplikasi LINE Bank dan masih saya gunakan hingga saat ini. Dan di artikel kali ini admin akan berbagi pengalaman tentang kelebihan dan kekurangan LINE Bank selama 3 bulan pemakaian.

Kelebihan Line Bank

1. Proses pendaftaran mudah

Setelah mengunduh aplikasi LINE Bank saya pun langsung melakukan registrasi, syaratnya mudah cukup melengkapi data eKTP, Email, dan No ponsel yang aktif. Adapun tahapan registrasinya yaitu sebagai berikut :

  • Memasukan Nomor Ponsel dan Email
  • Mengunggah eKTP
  • Mengisi data lengkap seperti nama lengkap, alamat domisili, pekerjaan, dan data lainnya
  • Melakukan verifikasi video call dengan cs LINE Bank
  • Mengisi Username dan Password

Proses registrasinya pun cepat, hanya beberapa menit setelah registrasi akun sudah di approve dan sudah bisa mengakses rekening kita.

2. Pilihan Kartu Debit berlabel VISA dan GPN

Kartu Debit LINE Bank desainya imut, dengan corak warna dan ada stiker boneka khas LINE. pilihan kartu debit ada dua yang bisa dipilih yaitu VISA dan GPN. Untuk mendapatkanya, harus request terlebih dahulu pada menu kartu. Request kartu debit ini gratis untuk pertama kali, dan akan dikenakan biaya Rp.50.000 untuk request kartu debit yang kedua.

3. Tampilan Aplikasi yang Mobile Friendly

Setelah berhasil membuat akun LINE Bank kesan pertama yang menarik adalah desain antar muka aplikasinya yang ringan serta mudah digunakan. Selain itu, kita bisa mengubah warna tampilan sesuai dengan selera. Fitur ganti warna ini menurut saya cukup oke, apabila kita bosan dengan warna yang itu itu aja, kita bisa ganti dengan warna lainnya.

4. Gratis Biaya Transfer Bank Lain

Setelah isi saldo di rekening baru, saya coba test kirim uang melalui menu transfer ke bank lain pada halaman pertama, dan hasilnya tidak dikenakan biaya admin alias gratis. Untuk nominal transfer minimal 50 ribu, fitur seperti ini menurut saya pribadi sangat menguntungkan dan tentunya lebih hemat.

5. Gratis Tarik Tunai di ATM bank lain

Untuk uji coba selanjutnya saya melakukan tarik tunai di ATM bank terdekat di daerah saya, antara lain ATM Bank BCA dan ATM Bank BRI. Setelah melakukan tarik tunai sebesar 50 ribu menggunakan kartu debit LINE Bank di kedua ATM tersebut, dan lagi-lagi tidak dikenakan biaya admin baik itu tarik tunai maupun cek saldo. Sebagai tambahan informasi, kartu debit LINE Bank hanya mendukung penarikan uang melalui jaringan ATM yang berlogo ATM Bersama, PRIMA, dan PLUS.

6. Fitur scan QR

Buat yang hobi bayar pakai scan QR di aplikasi LINE Bank sudah ada, kamu cukup scan saja kode QR nya untuk melakukan pembayaran baik melaui merchant online, marketplace, dan toko yang sudah support QR. Prosesnya pun cepat dan mudah.

7. Promo dan Cashback

Selain itu, pengguna LINE Bank baik yang baru bergabung atau pengguna lama berkesempatan untuk mendapatkan promo dan cashback pada aplikasi LINE Bank setiap harinya. Promo dapat di akses pada aplikasi LINE Bank.

8. Bisa buat rekening LINE hingga 8 rekening

Kamu bisa buka rekening lebih dari satu sangat menarik bukan? jadi kamu bisa mengklasifikasikan antara tabungan/saving, uang belanja, dan keperluan lainnya, dengan adanya fitur tambah rekening ini kita bisa membedakan antara tabungan, uang belanja, modal merid, dan sebagainya hehehe.

9. Bisa Top Up saldo Gopay, Ovo, Dana, Link Aja

Kelebihan lainya, kamu bisa top saldo eWallet seperti Gopay, Obo, DANA, dan LinkAja hanya dalam satu klik.

Itu adalah beberapa kelebihan LINE Bank menurut saya pribadi, mungkin ada sobat yang ingin menambahkan ?

Kekurangan LINE Bank

1. Pengiriman kartu debit hanya support di beberapa kota besar saja

Tidak seperti bank digital lain yang bisa request kartu hingga seluruh wilayah Indonesia. LINE Bank masih terbatas mengirimkan kartu debit di area pulau jawa dan beberapa kota besar saja di Indonesia, harapanya semoga pihak LINE Bank menambah kuota pengiriman hingga seluruh wilayah Indonesia.

Menurut saya pribadi, kekurangan LINE Bank hanya itu saja, selebihnya top lah.. buat pecinta Bank digital, LINE Bank sangat rekomended dan patut untuk dicoba. Kapan lagi kan punya rekening digital dengan segudang fitur ?

Demikianlah review tentang Kelebihan dan Kekurangan LINE Bank, semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk kamu yang ingin buat rekening secara online.

Baca juga : Review SeaBank apakah aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *